Jumat, 08 Mei 2009

Website pertama Indonesia..tahukah anda?

Perkembangan internet tentunya telah cukup berkembang sangat pesat dan sangat luas mulai dari static website hingga ke dynamic website atau yang lebih kita kenal dengan nama web 2.0 ya kira-kira seperti facebook. Blog ini, you tube dan lain-lain atau kita juga bisa menyebutnya sebagai rich internet application - RIA.
Nah sadarkah anda bahwa setelah internet masuk ke Indonesia pada sekitar tahun 90-an siapakah sebenarnya yang mendesign/membuat situs pertama di Indonesia? Ada yang tau? Ya beliau adalah salah satu pakar IT di indonesia, dan juga dosen di ITB namanya pak Budi rahardjo. Beliau salah satu orang yang pertama kali membawa dan memperkenalkan teknologi internet di Indonesia dan salah satu yang pertama membuat situs web di Indonesia berikut adalah cuplikan kisah nya tentang pengalaman beliau membuat website pertama untuk Indonesia.

waktu itu saya lagi bermulan madu dengan my virtual wife di san jose california eh...ketemu pak budi rahardjo ya udah deh...saya ajak beliau jalan-jalan sambil melemparkan beberapa pertanyaan kepada beliau salah satunya seperti yang saya kutip dibawah ini....red(semua aktor diatas fiktif belaka)

SAYA:(dengan gaya seperti wartawan profesional, tampang serius dan mata melotot)
Anda termasuk salah satu orang pertama yang membuat web site Indonesia. Bisakah Anda ceritakan awal mulanya?

PAK BUDI:(dengan tampang cengengesan menjawab,,sesekali mengelap cairan yang berkucuran keluar dari hidung nya, maklum california lagi musim hujan ,,jadi pilek mulu nih,,, [bcanda pak budi jangan marah ya])

"Dulu waktu di Canada, saya mau cerita tentang Indonesia ke anak saya, tapisusah mencari informasinya. Kalau disini, mungkin lagu Indonesia Raya orang-orang sudah bosan mendengarnya.Tapi di sana saya bingung, "Lagu Indonesia Raya itu teksnya apa ya?" "Pancasila itu gambarnya apa saja ya?" Itu problem sekali. Jadi sayabuat web site Indonesia. Tujuannya sebenarnya untuk kebutuhan saya sendiri. Lama-lama saya share (bagi, red.) dengan orang lain, dan sampai sekarang masih berjalan. Seminggu sekali saya memaksa untuk mengupdatenya. Sekarang paling nggak hitnya 500 per hari. Alamatnya: http://indonesia.elga.net.id.

Targetnya adalah orang luar negeri yang ingin tahu tentang Indonesia, atau orang Indonesia yang ada di luar negeri, yang susah cari informasitentang Indonesia. Saya sedang membuat satu lagi, yaitu untuk orang Indonesia yang ada di Indonesia. Contohnya, saya sempat pusing mencaridefinisi sembako. Anda tahu nggak sembilan bahan pokok itu apa saja?Saya tidak tahu, tanya orang juga tidak tahu. Akhirnya saya cari tahu,dan menemukan Keppres. Saya masukkan di Web, suatu saat nanti orang akancari juga.”(disunting langsung tanpa edit dari suatu tulisan di dunia maya)

Begitulah kira-kira ceritanya menginspirasikan bukan? Oh saya cukup terinspirasi mari kita dukung perkembangan TI di indonesia dengan terus belajar dan menjadi yang terbaik dan semakin di depan.lo kok jadi ngiklan gini....

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Wuih, kalo dibandingin ama web skrg, juaduuuuuul buangeeet!! Wakakakakakak!! =)) =))

deni mengatakan...

ha2...iya kan..makanya harus dilestarikan barang antik ini

Cara Membuat Blog mengatakan...

iya gan jadul banget