Sabtu, 09 Mei 2009

The First Indonesian Text To Speech

Mungkin anda pernah mengalami kesulitan ketika membaca artikel yang terlalu panjang,novel atau buk text kuliah. atau juga malas membaca suatu tulisan yang pendek tetapi anda menginginkan orang membacakannya untuk anda. telah banyak program yang memudahkan kita untuk menginput text kemudian menugaskan program tersebut untuk membaca nya untuk kita sebut saja misalnya microsoft narrator ataupun microsoft speech. tetapi sebagian besar aksen yang diucapkan program tersebut masih menggunakan aksen bahasa inggris, artinya bila kita mengetikkan kata dalam bahasa indonesia yang tidak ada kesamaannya dalam bahasa inggris maka akan diucapkan berbeda pula sehingga menghasilkan makna yang berbeda, seperti orang asing yang baru belajar bahasa indonesia.

kini hadir suatu program text narrator yang telah lama dikembangkan oleh Institut teknologi bandung(ITB) yaitu indoTTS. software ini merupakan software buatan anak negri yaitu salah satu peneliti di lab sinyal dan system Teknik elektro ITB yaitu bapak Arry Akhmad Arman.Keunikan program ini adalah menggunakan aksen bahasa indonesia atau yang dikenal sebagai diphone database bahasa indonesia yang pertama di indonesia. prototype software ini telah lama dikembangkan sejak tahun 2000.

menurut bapak arry akhmad IndoTTS menggunakan teknik Diphone Concatenation,salah satu teknik terbaik yang ada untuk membuat TTS berkualitas tinggi.Diphone database yang digunakan oleh IndoTTS adalah "id1" yang dibuat pada tahun 2000, di Belgia. Diphone database "id1" adalah milik Arry Akhmad Arman dan ITB, dan hanya boleh digunakan secara bebas untuk tujuan non-komersial.Karakter bunyi ucapan yang dihasilkan ditentukan oleh orang (pengucap) yang dijadikan sumber suaranya. TTS dengan teknologi ini dapat dibuat untuk karakter suara (orang) yang baru dengan cara membuat diphone database yang baru, menggunakan orang yang diinginkan.

IndoTTS dilengkapi dengan Model Intonasi Bahasa Indonesia.Tidak mudah untuk mengembangkan model intonasi Bahasa Indonesia, karena data-data linguistik di Indonesia masih sangat terbatas. Mudah-mudahan dengan berjalannya waktu, intonasi yang dihasilkan dapat terus diperbaiki.

jika anda yang berminat membuat program TTS sejenis berbasis windows maka anda dapat menghubungi pak akhmad hari langsung kirim email anda ke aa@lss.ee.itb.ac.id untuk mendapatkan SDK secara gratis untuk tujuan non-komersial. saat ini platform yang tersedia adalah dalam bahasa delphi, visual basic, dan c++. kini anda tidak usah khawatir dengan masalah anda yang lebih memiliki sifat audio,, anda bisa mendengarkan slide presentasi kuliah dosen anda langsung dari program ini. terima kasih pak arry.

anda dapat mengunduh program ini langsung di website bapak ari di http://indotts.melsa.net.id/kelemahan program ini adalah tidak bisa membaca bahasa inggris dengan baik dan benar.but it 's preety good software,, believe me it works,,,

Tidak ada komentar: