Sabtu, 06 Juni 2009

Busway Bikin Kesel

Kemaren minggu saya jalan-jalan ke mall bersama beberapa teman naik busway. Wah ga kebayang deh rasanya jadi ikan asin di busway,,udah kalo mau ke haltenya susah banget dari tempat kosan, harus naik angkot dulu yang seper panas, dempet,dempetan trus jalan kaki lagi untuk sampai ke halte busway. Udah gitu kalo hari sabtu ato minggu,and anda ingin jalan-jalan di jakarta,,jangan deh saya saranin apa lagi naik busway,,wah jadi ikan asin beneran. Apalagi kalo anda ingin naik busway disekitar jam-jam sibuk seperti jam pulang kerja dan pagi hari wah bakal antri du halte, desak-desakan dan dempet dempetan, apalagi kalo udah di dalam bis anda harus berdiri kalo ga kebagian tempat duduk. Bergelantungan di dalam bis juga capek banget apalgi dibarengi dengan ngantuk,,ndeh jadi berabeh aja tu..Yang bikin kesalnya bus nya dateng ke halte lama banget,,gila nunguinnya bisa ampe 1 jam untuk satu tujuan doang belum lagi transit ke jalur lainnya.

Udah gitu Yang bikin macet lagi adalah, jalur busway seenaknya saja di pakai ama mobil, motor dan kendaraan lain, sehingga busway ga bisa jalan. Padahalkan konsep awalnya jalur tersebut kan hanya di peruntukkan buat busway,, tapi dasar kita orang yang tidak disiplin dan tidak tertib ya jadi macet. sama aja kan jadinya naik busway dengan naik bus biasa bedanya cuman ada ac nya doang,,kalo masalah macet, dempet,dempetan mah sama aja dengan ankutan lainnya.

Jika saya nilai Pelayanan Busway belum begitu masksimal karena Jumlah trayek dan jalur masih penuh dengan penumpang sedangkan bus yang tersedia hanya beberapa, akhirnya penumpang harus menunggu, apa lagi di tambah cuaca yang panas desak-desakanan bikin emosi melambung tinggi.

Salah satu lagi yang bikin busway kurang nyaman adalah tidak ada informasi yang jelas di halte maupun du bus tentang jalur,,sehingga penumpang harus nanya-nanya dulu ke petugas,,didalam bus pun waktu pemberhentian tidak dikasi tau bahwa ini halte anggrek misalnya,,hanya beberapa bus yang memiliki sistem pemberitahuan .

Hal lain yang munkin bisa dikritik adalah jalur buway yang tidak kompak, artinya untuk ke satu tujuan yang dekat saja harus melalui jarak yang sangat panjang padahal kalo menggunakan kendaraan pribadi sangat dekat, dan ditempuh hanya beberapa menit. Ga efektik banget ga sih? ga efesien lagi..mendingan naik motor dah kata gua kalo kemana-mana di jakarta,, dari pada naik busway yang bikin sakit hati,,,  
 

1 komentar:

honey mengatakan...

datang ke jakarta langsung ngritik busway, den? waaah, dasar planner. hahahah.

gapapa den, ntu bisa jadi pengalaman pahit yang tak terlupakan dan dapat dikenang kelak. ntar bisa ketawa2 sambil nginget tuh kenangan. *lebay?*


:D

eh, aku add blog deni ya? add aku balik pliss.. :D